Jika 2015 telah menjadi tahun yang ditandai dengan kemenangan-kemenangan hebat dan kebangkitan kembali di lapangan, hal yang kurang lebih sama dapat digambarkan dalam hal diluar itu, terutama mengenai kehadiran Juventus dalam dunia digital.
Enam bulan setelah perubahan yang dilakukan, Juventus.com melihat bagaimana situs web dan jaringan media sosial yang terhubung dengannya terus mencapai hasil signifikan serta tidak pernah berhenti memberikan inovasi untuk membawa para penggemar lebih dekat lagi dalam aksi Bianconeri.
JARINGAN SOSIAL
Di Twitter, dimana kami melaporkan semua yang terjadi di Juventus secara aktual dan langsung sejak 2011, kami memperoleh hampir 3 juta pengikut, dimana dengan mereka kami berinteraksi secara harian, melalui lima bahasa berbeda: Italia, Inggris,Spanyol, Indonesia dan Jepang. Dalam setahun terakhir telah terlihat adanya peningkatan dari 1.9 juta pengikut di awal 2015, sementara pertumbuhan tiap bulan sebanyak +3.48% merupakan yang tertinggi ketiga di antara klub teratas Eropa, hanya berada di belakang Bayern Munich (+3.72) dan Paris Saint-Germain (+3.49).
Sedangkan di Google+, kami saat ini memiliki 1.6 juta pengikut dan semakin berkembang dengan rasio tercepat kedua di sepak bola Eropa (+2.26%), Instagram telah menunjukkan adanya peningkatan luar biasa dari 830,000 ke 2.8 juta penggemar sepanjang tahun 2015, menciptakan kampanye #We ❤Ju2 di bulan Agustus.
Sementara itu, jumlah pelanggan di saluran resmi Youtube Juventus telah meningkat hingga 400,000 sepanjang tahun dimana klub juga mencapai catatan signifikan dengan 100 juta penonton dari video-video yang ada. Ini termasuk laga-laga klasik dari masa lalu, persiapan pra-pertandingan, konferensi pers, cuplikan laga dan inisiatif-inisiatif lainnya, seperti Harlem Shake, #PirloIsNotImpressed dan terutama #SeAndiamoInFinale yang sangat sukses.
Kampanye terakhir ini memperoleh pengakuan internasional dengan Uefa.com danBBC berada di antara mereka yang mempersembahkan artikel tentang itu satu hari menjelang final Liga Champions, sebelum baru-baru ini meraih penghargaan di acara #TwitterAwards dan IF Festival di Milan.
2015 juga menandai kedatangan Bianconeri di media sosial paling populer di Cina, Sina Weibo. Sejang membuat profil di bulan Juli, klub telah mampu berinteraksi dengan pengguna platform mikroblog ini dalam bahasa Cina dan Inggris, dengan angka mencapai lebih dari 222 juta orang di 190 negara.
Di saat yang hampir bersamaan, klub mencapai hampir lima juta pengikut di Facebook sepanjang 12 bulan terakhir, menghasilkan secara keseluruhan 20.7 juta hingga saat ini. Rasio pertumbuhan hingga +2.09% adalah kedua terbaik dari klub-klub di benua Eropa, dengan para penggemar bergabung bukan hanya dari Italia, namun juga dari negara-negara seperti Mesir, Indonesia, Brazil, Kolombia dan Meksiko – sebuah pertanda, jika memang hal itu ada, bahwa Juventus Nation tidak mengenal adanya batas teritorial.
RUMAH BARU DALAM JARINGAN
1 Juli 2015 adalah tanggal yang akan tercatat dalam sejarah untuk menandai awal dari kerja sama global Bianconeri dengan Adidas dan meluncurkan situs web klub Juventus.com dengan wajah baru.
Sejak hari di musim panas itu, berselancar di situs menjadi lebih mudah dan intuitif, dan sejalan dengan moto Juve “Our Way or No Way” (Cara kami atau tidak sama sekali), didasarkan pada gaya bermain yang elegan yang mana memberikan hasil di lapangan – dan juga meningkat di luar lapangan.
Dengan membuat akun, suporter dapat masuk ke Juventus.com yang baru dan melakukan beberapa hal, apakah itu mengatur tiket musiman, membeli barang-barang dari JuveStore.com, memesan tempat parkir atau kursi di Legends Club atau memperoleh akses ke konten-konten eksklusif, termasuk Kalender Adven bulan Desember ini.
APLIKASI BARU JUVENTUS
Situs yang baru juga ditandai dengan hadirnya aplikasi yang canggih. Didesain untuksmartphone dan tablet dengan perangkat iOs dan Android, Apl Resmi Juventus ini memastikan bahwa berita-berita terbaru dan statistik dengan mudah dilihat oleh penggemar dengan sentuhan jari.
Aplikasi ini bagaimanapun juga ikut hadir dengan sesungguhnya saat laga berlangsung berkat adanya bagian ruang pertandingan, yang melengkapi para penggemar dengan berita tim, komentar sepanjang laga, notifikasi dan cuplikan – semua dengan tampilan dan navigasi yang sederhana dan mudah, yang juga menawarkan para pengguna kesempatan untuk berbincang dengan teman-teman dan berbagi social selfies.
Secara keseluruhan, sebuah susunan yang kuat telah dibentuk di luar lapangan sama baiknya dengan di dalam lapangan, saat dunia digital Juventus memastikan untuk membawa semua penggemar klub, dimanapun mereka berada, semakin dekat dengan Bianconeri.
No comments:
Post a Comment