Sponsor klub kini menjadi hal penting setelah diterapkannya kebijakan Financial Fair Play oleh UEFA, oleh karena itu banyak beberapa klub yang meminta kontrak oleh sponsor yang sangat besar nilainya.
Sebagai contoh, Juventus memutuskan
untuk tidak meneruskan kerja sama dengan Nike dikarenakan tawaran Adidas
lebih tinggi yaitu sekitar 139,5 juta euro untuk 6 tahun, atau Adidas
membayar Juve senilai 23,25 Juta Euro/tahun untuk menggunakan produk
Adidas sebagai media mengiklankan produk Adidas. Jeep sebagai sponsor
yang terpampang di Jersey pun menginvestasikan 17 juta Euro di Juventus
per tahunnya, belum ditambah dengan hak siar dan lain-lain.
Pertanyaannya adalah mengapa ada klub
yang dapat membeli pemain yang sangat mahal, tentu saja itu dikarenakan
nilai sponsor yang sangat tinggi. Manchester United dari Adidas
mendapat mega kontrak mencapai lebih dari 90 juta Euro per tahun, dari
pemasukan Adidas saja Manchester United sudah dapat membeli banyak
pemain hebat. nilai tersebut belum ditambah dari kontrak Chevrolet dan
lain-lain.
Meskipun MU bukan tim terbaik tahun ini,
tapi Adidas lebih yakin memasarkan produk lewat MU karena akan lebih
menguntungkan Adidas, fans MU merupakan fans terbanyak di dunia untuk
saat ini, itulah yang dicari sponsor untuk memasarkan produknya. Maka
jika Juventus ingin lebih banyak mendapatkan nilai kontrak dari sponsor,
maka jalan satu-satunya adalah menambah prestasi ke depan sehingga
jumlah fans semakin banyak.
No comments:
Post a Comment